Jarang dibahas publik, 10 fakta soal makanan ini mungkin belum Anda tahu. Mulai dari tomat sebagai buah atau sayuran hingga kaitan cokelat dengan jerawat.

Berbagai fakta soal makanan berikut menarik untuk diketahui. Pasalnya selama ini banyak orang keliru dengan berbagai hal seputar tomat, cokelat, makanan manis, hingga mentimun. MSN (16/7) merangkum faktanya sebagai berikut.

1. Kacang kemasan memiliki kalori lebih sedikit dari yang tertulis di kemasan

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Telah terbukti bahwa banyak kacang-kacangan seperti almond memiliki kalori 25% lebih sedikit dari yang tercantum di kemasan. Sebagai contoh, satu ons (30 g) almond ternyata hanya mengandung sekitar 130 kalori.

2. Paprika merah mengandung 2,5 kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk

Jeruk memang merupakan buah sumber vitamin C yang baik, tetapi ada buah-buahan dan sayuran lain yang memiliki kandungan nutrisi lebih banyak. Salah satunya paprika merah.

3. Tomat adalah buah bukan sayuran

Banyak orang selama ini mempertanyakan apakah tomat termasuk buah atau sayuran. Secara keseluruhan, buah adalah ovarium bunga matang dan mengandung biji. Tomat memiliki bunga dan mengandung biji, maka tomat bisa disebut sebagai buah.

4. Makan pemanis dapat membuat Anda buang air besar

Siapa sangka konsumsi pemanis bisa memicu pergerakan usus. Sekelompok pemanis yang dikenal sebagai poliol, maltitol, sorbitol dan xylitol dapat membuat Anda mudah buang air besar jika Anda memakannya secara berlebihan.

5. Gula tidak menyebabkan anak menjadi hiperaktif

Banyak orang ‘menyalahkan’ gula sebagai penyebab anak hiperaktif. Faktanya, uji coba terkontrol ganda dan acak telah digunakan untuk menguji teori bahwa gula membuat anak-anak hiperaktif. Hasilnya, tidak ada yang mendeteksi perbedaan antara perilaku anak yang telah memakan gula dan yang tidak.

6. Cokelat tidak menyebabkan jerawat

Telah terbukti bahwa jerawat disebabkan oleh produksi hormon, dan efeknya pada kelenjar sebaceous tidak terlalu perbengaruh dengan apa yang Anda makan. Tidak ada bukti spesifik tentang kaitan cokelat dan jerawat.

7. Tidak ada aturan harus minum delapan gelas air dalam sehari

Air dalam teh, kopi, minuman ringan, jus, sup, buah-buahan dan sayuran semuanya telah diperhitungkan dalam asupan cairan Anda, yang artinya Anda tidak harus benar-benar minum air putih saja. Anggapan minum delapan gelas air dalam sehari pun kurang tepat.

8. Keju adalah makanan yang paling sering dicuri di dunia

Centre for Retail Research UK menemukan bahwa makanan yang paling sering dicuri adalah keju. Siapa sangka banyak orang tak bisa menolak kenikmatan keju.

9. 400 juta Tim Tam terjual per tahun

Biskuit cokelat yang sangat populer di Australia ini terbuat dari dua lapis kue coklat yang diapit bersama dengan isian krim cokelat, sebelum semuanya ditutupi dengan cokelat. Sekitar 35 juta bungkus atau sekitar 400 juta biskuit terjual setiap tahunnya.

10. Mentimun mengandung 96,5% air

Semoga bermanfaat