Scroll untuk baca artikel
News

Sederet Politisi Yang Bisa Maju Di Pilpres AS 2024, Ada Joe Biden Hingga Donald Trump

×

Sederet Politisi Yang Bisa Maju Di Pilpres AS 2024, Ada Joe Biden Hingga Donald Trump

Sebarkan artikel ini

PENADATA.COM – Isu memanas di tengah proses perhitungan suara pemilihan paruh waktu (midterm) di Serikat.

Partai Demokrat dan Partai Republik mulai bersiap dalam menghadapi kontestasi .

ADVERTISMENT
SCROLL KEBAWAH UNTUK LIHAT KONTEN

Lantas siapa saja tokoh politik yang bisa mencalonkan sebagai calon presiden?

1.

, politisi Demokrat yang kini menjabat presiden itu berniat mencalonkan diri dalam Pilpres 2024.

Ia mengatakan akan mengumumkan keputusannya untuk maju dalam pemilihan presiden di awal tahun 2023 setelah berunding dengan keluarganya.

Namun usia Biden yang sudah menginjak 79 tahun, menimbulkan kekhawatiran akan mempengaruhi pencalonannya serta kinerjanya jika berhasil memenangkan jabatan periode kedua, lapor Reuters.

2.

Presiden pendahulu Joe Biden, sudah beberapa kali memberikan kode-kode yang mengisyaratkan akan kembali ke kontestasi Pilpres AS setelah kalah pada 2020 lalu.

Ahli strategi dan pemimpin partai mengatakan Trump masih menjadi favorit untuk dicalonkan Partai Republik pada Pilpres AS 2024, terutama jika partai tersebut berhasil mengambil kendali DPR dan Senat.

Tetapi Trump memiliki catatan yang beragam dengan kandidat yang dia dukung dalam pemilihan paruh waktu.

Jika Partai Republik gagal menguasai Kongres, beberapa orang mungkin menyalahkannya.

3.

Jika Biden memutuskan untuk tidak mencalonkan diri, Wakil Presiden bisa turun tangan.

Harris (58) saat ini menjadi kandidat calon presiden alternatif teratas di Partai Demokrat.

Namun kurangnya keberhasilan dari kebijakannya sebagai wakil presiden menimbulkan keraguan tentang apakah dia dapat mengalahkan lawan dari Partai Republik.

4. Gubernur Florida, Ron DeSantis

Ron DeSantis dari Partai Republik, bisa menjadi saingan utama Trump untuk pencalonan presiden.

Dengan basis politik yang kuat, DeSantis meraih kemenangan telak pada hari Selasa untuk masa jabatan periode kedua sebagai gubernur.

Perlawanannya terhadap pembatasan COVID-19, serta bentrokan dengan kaum liberal atas hak-hak LGBTQ, imigrasi, dan diskusi berbasis ras, mendapat pujian dari kaum konservatif di seluruh negeri.

5. Gubernur California, Gavin Newsom

Sama dengan DeSantis, Gavin Newsom juga berhasil memenangkan jabatan periode kedua sebagai Gubernur California pada Selasa lalu.

Ia dengan mudah mengalahkan lawannya dari Partai Republik berbekal kampanye yang fokus pada masalah politik nasional seperti hak aborsi dan imigrasi.

Newsom (55) dilaporkan telah menghubungi sejumlah pihak untuk berjaga-jaga jika Biden memutuskan tidak mencalonkan diri.

6. Gubernur Texas, Greg Abbott

Politisi Republik ini sukses mengalahkan mantan Perwakilan Demokrat, Beto O'Rourke, dalam pemilihan hari Selasa.

Abbott (64) menerapkan kebijakan yang konservatif selama masa jabatan keduanya, menentang mandat vaksin dan masker COVID-19.

Dia menandatangani larangan aborsi paling ketat di negara bagian AS mana pun menjadi undang-undang dan sedang membangun penghalang baru di perbatasan dengan Meksiko.

7. Mantan Wakil Presiden,

, mantan Wapres saat kepemimpinan Donald Trump, dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai capres.

Politisi Partai Republik ini menentang Trump dalam insiden kerusuhan di US Capitol pada 6 Januari 2021 untuk mengesahkan kemenangan Presiden Joe Biden.

Dalam pemilihan paruh waktu ini, Pence mendukung Brian Kemp, musuh bebuyutan Trump yang terpilih kembali sebagai Gubernur Georgia pada hari Selasa.

8. Elizabeth Cheney

Anggota Kongres AS perwakilan Partai Republik, Liz Cheney telah berjanji untuk mencegah Trump kembali ke Gedung Putih dan mengaku akan segera memutuskan apakah akan mencalonkan diri sebagai presiden.

Putri mantan Wakil Presiden Dick Cheney telah memainkan peran penting dalam penyelidikan kongres atas serangan 6 Januari 2021 di Capitol.

9. Menteri Transportasi AS, Pete Buttigieg

Pete Buttigieg bersaing untuk nominasi presiden dari Partai Demokrat 2020 sebelum mundur dan mendukung Biden, yang kemudian mengangkatnya sebagai Menteri Transportasi.

Dalam peran itu, Buttigieg telah memimpin upaya pemerintah untuk memperbarui infrastruktur negara.

Buttigieg (40) mantan perwira Cadangan Angkatan Laut yang menjabat sebagai wali kota South Bend, Indiana, adalah anggota Kabinet gay pertama dalam sejarah AS.

10. Gubernur Michigan, Gretchen Whitmer

Politisi Demokrat ini memenangkan masa jabatan empat tahun untuk periode kedua pada hari Selasa, setelah berkampanye tentang hak aborsi setelah Mahkamah Agung AS membatalkan hak konstitusional untuk aborsi.

Lawannya yang didukung Trump mendukung larangan aborsi yang hampir total, termasuk untuk anak-anak korban pemerkosaan dan inses.

11. Mantan Dubes AS untuk PBB, Nikki Haley

Matan perwakilan AS di PBB sekaligus mantan Gubernur Carolina Selatan, Haley, adalah wanita dengan profil tertinggi di Kabinet Trump.

Haley (50), gubernur kedua di yang memiliki garis keturunan India ini cukup vokal mengkritik Trump.

Dia secara terbuka mengkritiknya selama kampanye presiden 2016 dan setelah kerusuhan pecah di US Capitol.

Pada Juni lalu, Haley sempat berseloroh untuk maju di pemilihan presiden AS 2024.

Soal Maju Pilpres Sandiaga Uno Mau Jadi Ketua Rt Kepala Desa
9 sept 2022 jakarta kompas com wakil ketua dewan pembina partai gerindra sandiaga uno merespons sindiran dari elite gerindra terkait keinginan dirinya

Pan Ungkap Sederet Nama Yang Berpotensi Diusung Capres
Tempo co jakarta partai amanat nasional akan mengumumkan enam nama yang akan direkomendasikan menjadi capres dan cawapres 2024 dalam

Hanya Ada 2 Perempuan Yang Paling Mungkin Maju Pilpres 2024
Pemilu 2024 mendatang akan diwarnai dengan kehadiran tokoh tokoh nasional lintas generasi kompetensi dan gender

Profil 4 Tokoh Kebanggaan Sekjen Pdip Layak Maju Capres 2024
Sekjen pdip hasto kristiyanto menegaskan sampai hari ini partainya belum menentukan siapa calon presiden yang bakal diusung pada pilpres

Pdip Akan Sanksi Kader Yang Didukung Maju Pilpres 2024
20 sept 2021 pdip akan memberikan sanksi kepada kader menyebut capres cawapres pilpres 2024 sebelum ada keputusan partai kader yang mendapat dukungan

Komunikasi Politik Anies Baswedan Menuju Pilpres 2024 Krjogja
Menggeliatnya bakal calon presiden mulai terasa walaupun pemilu masih 2 tahun lagi penyelenggaraan pemilu 2024 akan dilaksanakan pada rabu

Koalisi Untuk Pilpres 2024 Mulai Terbentuk Hasto Pdip Bisa Maju
Tempo co jakarta sekretaris jenderal dpp pdi perjuangan hasto kristiyanto mengaku pihaknya tidak terlalu memikirkan soal beberapa partai

Beredar Kabar 4 Menteri Nyatakan Siap Ikut Pilpres Ke Jokowi
Jakarta cnbc indonesia politikus senior partai demokrasi indonesia perjuangan panda nababan meyakini presiden joko widodo menolak usulan

Tak Direstui Megawati Jadi Calon Presiden 2024 Ganjar Berpotensi
Jakarta gubernur jawa tengah ganjar pranowo berpotesi diusung partai politik untuk menjadi calon presiden 2024 jika partai tempatnya

Menurut Politisi Ppp Ada 3 Tokoh Yang Dapat Endorsement
Presiden joko widodo saat membuka silaturahmi nasional persatuan purnawirawan tni ad ppad tahun 2022 lihat foto presiden joko widodo saat

Ramai Media Asing Beritakan Prabowo Siap Maju Pilpres 2024
Keinginan prabowo untuk mengikuti pilpres 2024 2029 disampaikan usai mendaftarkan partai gerindra sebagai peserta pemilu 2024 di kantor kpu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerja Sama Pengelolaan Dana dan Asuransi Peserta Dana Pensiun
Bisnis

Jakarta, 5 Desember 2023 – Dana Pensiun LembagaKeuangan (DPLK) Syariah Muamalat menjalin kerja samapengelolaan dana kompensasi pasca kerja dan asuransi pesertadana pensiun dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dan PT AsuransiTakaful Keluarga. Pelaksana Tugas Pengurus Utama DPLK Syariah MuamalatKadar Budiman mengatakan, kerja sama ini adalah bentuksinergi antara DPLK Syariah Muamalat dengan Bank Muamalat sebagai pendiri, BPKH sebagai Pemegang SahamPengendali (PSP) Bank Muamalat dan sekaligus memperkayafitur produk DPLK Syariah Muamalat dengan cover asuransijiwa peserta dana pensiun….