Scroll untuk baca artikel
News

Rute Kirab Budaya Cap Go Meh di Cirebon

×

Rute Kirab Budaya Cap Go Meh di Cirebon

Sebarkan artikel ini

jakarta Vihara Dewi Welas Asih bersama vihara dan sasana di Kota Cirebon kembali akan menggelar perayaan Cap Go Meh siang ini.

Sekretaris Panitia Perayaan Cap Go Meh Cirebon Richard D Pekasa mengatakan, perayaan itu diketahui selama 2 tahun terakhir tak digelar karena pandemi Covid-19.

ADVERTISMENT
SCROLL KEBAWAH UNTUK LIHAT KONTEN

“Terakhir kali pelaksanaan Cap Go Meh dilakukan pada tahun 2020 lalu sebelum pandemi mulai merebak pada Maret 2020,” ujarnya di Cirebon, Sabtu (4/2/2023).

Rencananya kegiatan acara puncak Imlek 2574 Kongzili atau 2023 akan diisi dengan iring-iringan memutari sejumlah wilayah di Kota Cirebon. Sejumlah atraksi akan disajikan di jalur kirab seperti barongsai, liong, joli, dan lain-lainnya.

Rangkaian kegiatan Cap Go Meh akan dimulai pada pukul 13.00 WIB. Dipastikan kegiatan Cap Go Meh tahun 2023 akan lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya atau pada masa Covid-19.

“Rangkaian kegiatan Cap Go Meh 2023 akan dimulai dengan rangkaian sambutan dari sejumlah penjabat, penghormatan dewa-dewi oleh semua sasana di Kota Cirebon, penyalaan mercon bersama Forkopimda, hingga pengangkatan secara simbolis Joli Dewi Kwan Tek Kun yang melambangkan dewi kejujuran dan kesetiaan,” kata dia.

Dalam rangkaian iring-iringan tersebut akan ada pengawalan dari Polres Cirebon Kota, Dishub, Satpol PP, Kodim 0614 Kota Cirebon, Ditpolairud, Satbrimob Batalyon C Polda Jabar, Orari Pemuda Pancasila, Macan Ali, hingga Laskar Merah Putih,

latihan

Rute

Adapun rute yang akan ditempuh pada tahun ini akan dimulai dari Vihara Dewi Welas Asih- Pasuketan- Pekiringan- Parujakan- Sukalila Selatan- Karanggetas- Jagabayan- Winaon- Kanoman- Talang- Kebumen- Vihara Dewi Welas Asih.

Sejumlah iring-iringan pun akan diisi Barisan Bendera Merah Putih, Prajurit Keraton, Sanggar Tari Sekar Pandan, hingga mobil hias. Rencananya juga akan dikeluarkan karakter-karakter seperti Dewi Kwan Im, Sun Go Kong, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk barongsai dan liong akan dikeluarkan 6 barongsai dan 2 liong dari semua sasana yang ada di Kota Cirebon. Serta 10 joli yang berasal dari seluruh vihara di Kota Cirebon. Terdapat juga kegiatan pagelaran baju karnival.

“Seluruh panitia dan pihak yang terlibat dalam kegiatan ini pun menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya jika terjadi gangguan lalu lintas ketika berada di jalur-jalur rute yang sudah ditentukan,” ungkapnya.

Dia mengimbau agar masyarakat menghindari aktivitas di rute-rute yang sudah ditetapkan oleh panitia. Semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini pun berharap toleransi dan akulturasi budaya ini bisa terus terjaga sampai anak, cucu kita semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerja Sama Pengelolaan Dana dan Asuransi Peserta Dana Pensiun
Bisnis

Jakarta, 5 Desember 2023 – Dana Pensiun LembagaKeuangan (DPLK) Syariah Muamalat menjalin kerja samapengelolaan dana kompensasi pasca kerja dan asuransi pesertadana pensiun dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dan PT AsuransiTakaful Keluarga. Pelaksana Tugas Pengurus Utama DPLK Syariah MuamalatKadar Budiman mengatakan, kerja sama ini adalah bentuksinergi antara DPLK Syariah Muamalat dengan Bank Muamalat sebagai pendiri, BPKH sebagai Pemegang SahamPengendali (PSP) Bank Muamalat dan sekaligus memperkayafitur produk DPLK Syariah Muamalat dengan cover asuransijiwa peserta dana pensiun….