Scroll untuk baca artikel
News

Perang Rusia-Ukraina Bikin Perusahaan Minyak Eropa Bangkrut, Sehari Merugi 27 Juta USD

×

Perang Rusia-Ukraina Bikin Perusahaan Minyak Eropa Bangkrut, Sehari Merugi 27 Juta USD

Sebarkan artikel ini

WARSAWA – Perang antara Rusia dan Ukraina yang berkepanjangan selama setahun terakhir membuat perusahaan minyak kondang Eropa, PKN Orlen, bangkrut dan merugi 27 dolar AS per hari.

PKN Orlen yang berbasis di Polandia bangkrut setelah pemerintah Warsawa menyetujui aturan embargo yang diterapkan UE untuk tidak mengimpor produk minyak mentah dan turunanya dari pasar Rusia, kecuali dari jalur Druzhba.

ADVERTISMENT
SCROLL KEBAWAH UNTUK LIHAT KONTEN

Langkah ini awalnya dimaksudkan untuk menghukum ekonomi Rusia, sehingga angkatan militerMoskow dapat mundur dari Ukraina akibat kehabisan dana perang.

Sayangnya pasca kebijakan tersebut dirilis, perusahaan minyak PKN Orlen mengalami tekanan akibat harus membeli pasokan minyak global yang dijual lebih mahal dari harga minyak Rusia, dimana satu barel minyak di jual di kisaran harga 30 dolar AS.

Kondisi ini yang kemudian membuat pengeluaran Polandia membengkak, hingga inflasi di negara ini melonjak 10 persen akibat harus mengimpor minyak mentah dengan harga yang jauh lebih mahal dari harga sebelumnya.

“Saya tidak akan menyebutnya kerugian. Itu sebagai konsekuensi dari tidak mendukung Rusia,” ujar CEO Polandia Orlen, Daniel Obajtek, dikutip Financial Times.

Sebelum kerugian Polandi membengkak, PKN Orlen sempat melanjutkan pembelian minyak melalui jalur Druzhba yang menghubungkan jantung Rusia dengan Ukraina, Belarusia, Polandia, Hongaria, Slovakia, Republik Ceko, Austria, dan Jerman.

Namun cara tersebut belum cukup mampu menekan kerugian PKN Orlen, karena biaya pengiriman melalui jalur darat lebih mahal ketimbang jalur bawah laut yang biasa digunakan Polandia untuk mengimpor minyak.

CEO Obajtek mengungkap, rencananya untuk memutus ketergantungan Polandia dengan Rusia, PKN Orlen dalam waktu dekat akan menjajaki kerjasama produksi minyak mentah dengan pemerintah Ceko.

Apabila rencana tersebut berhasil direalisasikan, hasil produksi minyak Polandia–Ceko akan segera dijajakan ke pasar Jerman sebagai alternatif diversifikasi, mengingat Jerman sendiri saat ini tengah mempercepat upaya untuk memutus ketergantungan minyak mentah Rusia.

“Penggantian total minyak Rusia membutuhkan peningkatan logistik pasokan minyak, yang sedang kami kerjakan dengan pemerintah Ceko, selanjutnya pasokan tersebut akan kami didistribusikan ke 600 stasiun kilang minyak Jerman, sesuai rencana awal, ” jelas Obajtek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerja Sama Pengelolaan Dana dan Asuransi Peserta Dana Pensiun
Bisnis

Jakarta, 5 Desember 2023 – Dana Pensiun LembagaKeuangan (DPLK) Syariah Muamalat menjalin kerja samapengelolaan dana kompensasi pasca kerja dan asuransi pesertadana pensiun dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dan PT AsuransiTakaful Keluarga. Pelaksana Tugas Pengurus Utama DPLK Syariah MuamalatKadar Budiman mengatakan, kerja sama ini adalah bentuksinergi antara DPLK Syariah Muamalat dengan Bank Muamalat sebagai pendiri, BPKH sebagai Pemegang SahamPengendali (PSP) Bank Muamalat dan sekaligus memperkayafitur produk DPLK Syariah Muamalat dengan cover asuransijiwa peserta dana pensiun….