Scroll untuk baca artikel
News

Megawati dan Cak Imin Bakal Bertemu, Said Abdullah: DNA Politik PDIP-PKB Sama

×

Megawati dan Cak Imin Bakal Bertemu, Said Abdullah: DNA Politik PDIP-PKB Sama

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Said Abdullah mengatakan partainya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memiliki DNA politik yang sama.

Hal itu mengenai rencana pertemuan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.Menurut Said, PDIP dan PKB sama-sama memiliki basis wong cilik. Namun, wong ciliknya PKB adalah santri, sementara PDIP tidak.

ADVERTISMENT
SCROLL KEBAWAH UNTUK LIHAT KONTEN

“PKB diasosiasikan sebagai basis wong cilik kalangan santri, sedangkan PDIP diasosiasikan abangan, namun DNA politiknya sama, yakni sama sama partainya wong cilik,” kata Said kepada wartawan, Jumat (7/7/2023).

Selain itu, dia menyebut Megawati dan Cak Imin memiliki hubungan sejarah yang sangat panjang.

Bahkan, Said menuturkan Abdurahman Wahid alias Gus Dur dalam sebuah kesempatan sempat menitipkan ponakannya Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Cak Imin ke Megawati.

“Makanya dalam satu kesempatan pertemuan di tahun 2014 saat membahas pemenangan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-JK (Jusuf Kalla), Bu Mega menyatakan ‘Gus Muhaimin adalah anak hilang’, makanya dititipkan ke Bu Mega,” ujarnya.

Karenanya, dia menilai kalaupun PDIP dan PKB bekerja sama memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 tidaklah terlampau sulit untuk direalisasikan.

“Di sisi yang lain, Mas Ganjar itu dulu pernah menjadi anggota DPR, sehingga banyak sekali mengenal kader kader PKB di DPR hingga kini,” ungkapnya.

Terlebih, kata Said, selama menjabat gubernur hampir dua periode hubungan Ganjar dengan PKB di Jawa Tengah juga sangat baik.

“Mas Ganjar dikenal luas di basis basis santri, termasuk basisnya PKB seperti di wilayah pantura Jawa Tengah,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, satu di antara isi pertemuan antara Fraksi PKB DPR RI dengan PDIP beberapa waktu lalu, adalah membahas rencana pertemuan masing-masing ketum parpol, yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan Megawati Soekarnoputri.

Demikian diungkapkan Wakil Sekjen (Wasekjen) PKB Syaiful Huda, kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

“Pertemuan antar fraksi itu kira-kira ya termasuk itu (bahas pertemuan Megawati-Cak Imin),” kata Huda.

Huda mengatakan, relasi antara PKB dan PDIP memang cukup dekat.

Namun, hal itu tidak mengganggu koalisi yang dijalin dengan PKB dengan Partai Gerindra.

Huda berharap pertemuan Megawati dan Cak Imin dapat segera terealisasi.

“Kami berteman lama sama PDIP, termasuk hari ini kita juga koalisi 10 tahun, jadi kita enggak ada hambatan sama sekali sama PDIP,” ucapnya.

“Secepatnya kalau bisa (bertemu), lebih bagus. Belum (ada tanggal), kita tunggu saja,” pungkas Huda.

Fraksi PDIP dan PKB Bertemu

Fraksi PDIP dan PKB di DPR RI sempat melakukan pertemuan pada Selasa (4/7/2023) kemarin, membahas pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Hal itu diungkapkan Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu mengungkapkan, pertemuan dengan Fraksi PKB berlangsung di ruang Fraksi PDIP lantai 7 Gedung DPR RI, Jakarta.

“Kita kemarin juga ngobrol dengan kawan-kawan fraksi dari PKB, ngobrolnya panjang lebar di lantai 7 dipimpin ketua fraksi namanya Cucun Syamsurizal, Doktor Cucun Syam, doktornya jangan lupa nih, karena jadi doktor katanya sulit saya sendiri belum pernah merasakan jadi doktor,” ungkap Pacul

Ketua Komisi III DPR RI itu mengungkapkan, pertemuan tersebut turut membahas perihal capres dan cawapres.

Hasil pertemuan itu juga disampaikan Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Apakah di situ dengan capres dan cawapres dibicarakan, ya dibicarakan, tapi kan kita semua tahu itu adalah masukan untuk Ibu Ketum, untuk kami sampaikan gitu loh,” ucapnya.

“Ya udah tadi pagi (disampaikan) Pak Utut ke sana (Teuku Umar), nanti kau tanya Pak Utut,” lanjutnya.

Namun demikian, Pacul tak mengungkapkan secara rinci poin-poin yang disampaikan Fraksi PKB saat pertemuan kemarin.

“Itu kita enggak tahu, kamu jangan ngomong begitu jangan kau jebak aku gitu lho, enggak boleh begitu. yang disampaikan kawan PKB ini harus sampai Bu Ketum, sudah sampai ke Bu Ketum pagi ini. Siapa yang menyampaikan, ketua fraksi Utut Adianto,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerja Sama Pengelolaan Dana dan Asuransi Peserta Dana Pensiun
Bisnis

Jakarta, 5 Desember 2023 – Dana Pensiun LembagaKeuangan (DPLK) Syariah Muamalat menjalin kerja samapengelolaan dana kompensasi pasca kerja dan asuransi pesertadana pensiun dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dan PT AsuransiTakaful Keluarga. Pelaksana Tugas Pengurus Utama DPLK Syariah MuamalatKadar Budiman mengatakan, kerja sama ini adalah bentuksinergi antara DPLK Syariah Muamalat dengan Bank Muamalat sebagai pendiri, BPKH sebagai Pemegang SahamPengendali (PSP) Bank Muamalat dan sekaligus memperkayafitur produk DPLK Syariah Muamalat dengan cover asuransijiwa peserta dana pensiun….