Scroll untuk baca artikel
Pilkada Serentak 2024
News

Jemaah Aboge Banyumas Tetapkan 1 Ramadan Pada Hari Jumat Wage

×

Jemaah Aboge Banyumas Tetapkan 1 Ramadan Pada Hari Jumat Wage

Sebarkan artikel ini
para penganut islam aboge di desa onje
Maskot

BANYUMAS – Jemaah Aboge akan memulai ibadah puasa Ramadan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada hari Jumat (24/3/2023).

Hal itu sesuai perhitungan mereka, jika awal Ramadan itu jatuh pada hari Jumat wage.

SCROLL KEBAWAH UNTUK MEMBACA
Pilkada Serentak 2024
ADVERTISMENT

“Dari perhitungan Aboge, awal Ramadan jatuh pada Jumat Wage,” kata sesepuh pengikut Aboge di Desa Cibangkong, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Satibi pada wartawan, Rabu (22/3/2023).

Diketahui, Aboge merupakan akronim dari Alif Rebo Wage yang dijadikan sebagai dasar perhitungan kalender oleh sebagian umat Islam di Banyumas.

Satibi memaparkan, tahun 2023 ini bertepatan dengan tahun Jawa Ha atau He.

Sesuai dengan rumus yang diyakini turun-temurun, maka awal tahun Ha atau 1 Muharam jatuh pada hari pasaran Ahad Pon atau disingkat menjadi Hengadpon (Ha/He Ahad Pon).

“Untuk menghitung awal Ramadan itu rumusnya Donemro (Romadon Enem Loro), yaitu hari ke enam dan pasaran kedua dari Ahad Pon. Maka awal Ramadan pada Jumat Wage,” jelas Satibi.

Dalam kalender Aboge, setiap satu windu terdiri atas Alif, Ha, Jim Awal, Za/Je, Dal, Ba/Be, Wawu, dan Jim Akhir.

Kalender Aboge juga mengenal hari berdasarkan perhitungan Jawa, yakni Pon, Wage, Kliwon, Manis (Legi), dan Pahing.

Untuk diketahui, jemaah aboge di Banyumas tersebar di beberapa wilayah, antara lain di Desa Cibangkong dan Desa Cikawung, Kecamatan Pekuncen.

Selain itu, juga terdapat di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, dan Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Akses berita Penadata.com dengan cepat di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029Va9zUSzF6sn6FmtJPc1m. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *