Scroll untuk baca artikel
News

Empat UMKM Binaan BUMN Dapat Kesempatan Buka Akses Pasar di KTT ASEAN 2023

×

Empat UMKM Binaan BUMN Dapat Kesempatan Buka Akses Pasar di KTT ASEAN 2023

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Bertepatan dengan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023, Kementerian BUMN melalui inisiatif Rumah BUMN bantu memperkenalkan UMKM Indonesia ke dunia internasional dengan membentuk Small and Medium Enterprises (SMEs) HUB.

SMEs HUB berada di kawasan Waterfront Marina dan merupakan rangkaian Side Event KTT ASEAN 2023 yang ditujukan untuk para delegasi negara ASEAN dan masyarakat umum sekitar.

ADVERTISMENT
SCROLL KEBAWAH UNTUK LIHAT KONTEN

Gelaran SMEs HUB berlangsung selama 5 (lima) hari dan sudah dimulai satu hari sebelum KTT ASEAN 2023 dimulai, di mana 3 hari pertama yakni 9 -11 Mei dikhususkan untuk para delegasi negara-negara ASEAN dan 2 hari setelahnya yakni pada 12-13 Mei terbuka untuk umum.

Pada acara pembukaan SMEs HUB mendapat kunjungan khusus dari Menteri BUMN, Erick Thohir untuk bertemu langsung dengan para pelaku UMKM Indonesia.

“Kegiatan SMEs HUB ini merupakan bukti bahwa BUMN siap untuk mendorong UMKM Go Global dengan pendampingan dan juga pembiayaan termasuk melalui pembinaan dari Rumah BUMN,” ungkap Erick.

Sebagai salah satu BUMN yang berpartisipasi dalam SMEs HUB, Peruri turut mempromosikan UMKM Binaannya ‘unjuk gigi’ dalam gelaran internasional bergengsi di Asia Tenggara tersebut. Erick Thohir juga meluangkan untuk mampir ke booth Peruri dan berkomunikasi dengan UMKM Binaan Peruri.

Dalam acara ini Peruri membawa 4 UMKM Binaan yang bergerak di bidang food and beverages di antaranya Salaku, Dapoer Bintang Jaya, Maemkoe dan Dapoer Kia.

“Melalui pembinaan yang selama ini kami jalankan, saya rasa produk UMKM kami sudah siap untuk ekspor. Kemasannya menarik, produknya juga memiliki kualitas dan cita rasa yang baik,” kata Ratih Sukma, Kepala Biro Strategic Corporate Branding dan TJSL Peruri dalam keterangan tertulis dikutip Jumat, 12 Mei 2023.

Kementerian BUMN memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan UMKM Indonesia sebagai ujung tombak pondasi perekonomian negara.

Salah satu bentuk perluasan yang difasilitasi Kementerian BUMN untuk mendukung UMKM Binaan Perusahaan BUMN ialah dengan membuat e-katalog dan aplikasi PaDi BUMN untuk memudahkan transaksi di dunia digital.

“Melalui SMEs HUB, harapannya produk-produk UMKM dapat dikenal oleh para delegasi dari negara-negara di Asia Tenggara,” tambah Ratih.

Salah satu mitra binaan yang diajak Peruri hadir dalam SMEs HUB di Labuan Bajo, Ida Farida mengatakan kegiatan ini sangat bagus untuk membantu mengenalkan produk-produk UMKM di dunia internasional.

“Mudah-mudahan kami selalu diberi kesempatan dalam kegiatan promosi seperti ini. Apalagi ini juga tamu-tamunya dari luar negeri, kita bisa tunjukkan bahwa produk UMKM Indonesia punya kualitas yang baik,” kata Ida.

SMEs HUB melibatkan 50 pelaku UMKM setelah melewati proses kurasi yang sangat ketat.

10 di antaranya merupakan UMKM lokal dan sisanya adalah UMKM binaan dari Rumah BUMN dan kementerian lainnya. Booth UMKM di SMEs HUB menjual berbagai macam produk produk lokal mulai dari makanan dan minuman khas, kain tenun, kerajinan tangan etnik dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerja Sama Pengelolaan Dana dan Asuransi Peserta Dana Pensiun
Bisnis

Jakarta, 5 Desember 2023 – Dana Pensiun LembagaKeuangan (DPLK) Syariah Muamalat menjalin kerja samapengelolaan dana kompensasi pasca kerja dan asuransi pesertadana pensiun dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dan PT AsuransiTakaful Keluarga. Pelaksana Tugas Pengurus Utama DPLK Syariah MuamalatKadar Budiman mengatakan, kerja sama ini adalah bentuksinergi antara DPLK Syariah Muamalat dengan Bank Muamalat sebagai pendiri, BPKH sebagai Pemegang SahamPengendali (PSP) Bank Muamalat dan sekaligus memperkayafitur produk DPLK Syariah Muamalat dengan cover asuransijiwa peserta dana pensiun….