Scroll untuk baca artikel
Health

DAFTAR Rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, Terkuak Penyebab Helikopter Mendarat Darurat

×

DAFTAR Rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, Terkuak Penyebab Helikopter Mendarat Darurat

Sebarkan artikel ini

Rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono berhasil ditemukan setelah Helikopter Super Bell 300 yang mengangkutnya mendarat darurat di hutan Gunung Kerinci pada Minggu, 19 Februari 2023.

Kru dan penumpang selamat meski mengalami luka.

ADVERTISMENT
SCROLL KEBAWAH UNTUK LIHAT KONTEN

Apa sebenarnya yang menyebabkan helikopter rombongan Kapolda Jambi mendarat darurat? Siapa saja korbannya?Inilah 8 orang korban helikopter mendarat darurat di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi, Minggu (19/2/2023) siang. Delapan orang berada di dalam helikopter, terdiri dari tiga awak helikopter dan lima anggota dari Polda Jambi. Yakni, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudistira, Dipolairud Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani dan ADC Kapolda, serta tiga awak helikopter AKP Ali, AKP Amos F, Aipda Susilo. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan kedelapan korban tersebut selamat.

Kita telah menerima informasi semua delapan penumpang dalam kondisi selamat, meskipun ada beberapa orang yang terluka, dan beberapa diantaranya kesulitan berkomunikasi,” katanya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (19/2/2023) malam, seperti yang dikutip Tribunnews dari laman ofisial Humas Polri.

Evakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan penumpang helikopter yang mendarat darurat di Bukit Tamia belum berhasil dilakukan.

Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, helikopter yang membawa Kapolda Jambi Rusdi Hartono melakukan pendaratan darurat di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi karena faktor cuaca jadi penyebab utama.

“Informasi awal yang kami dapatkan bahwa helikopter terpaksa melakukan pendaratan darurat karena mengalami gangguan terkait dengan cuaca buruk,” ujarnya.

Selain cuaca yang buruk, kabut juga melanda jalur penerbangan helikopter itu sehingga jarak pandang terbatas.

Meski demikian, Kapolri memastikan delapan orang penumpang helikopter itu selamat.

“Alhamdulillah sampai saat ini kami mendapatkan informasi semuanya selamat walaupun ada beberapa yang luka,” ujar Listyo Sigit. “Mohon doanya agar evakuasi bisa kita lakukan dengan cepat,” lanjut dia.

Kapolri mengatakan bahwa mereka telah mengetahui lokasi pendaratan darurat dan telah mengirim tim untuk melakukan evakuasi yang rencananya akan dilakukan hari ini, Senin (20/2/2023).

Kapolri menjelaskan bahwa evakuasi akan dilakukan dengan menggunakan helikopter atau jalur darat, tergantung pada kondisi medan perjalanan.

Tim evakuasi telah berada sekitar 3 hingga 4 kilometer dari lokasi pendaratan darurat, tetapi perjalanan memakan waktu karena wilayahnya berbukit.

Sebelumnya, proses penyaluran logistik dan evakuasi ke pada Kapolda Jambi, dan rombongan yang menumpangi helikopter yang mendarat darurat di di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci siang ini, Minggu (19/2/2023) dihentikan sementara.

Ini dilakukan, mengingat kondisi cuaca yang kabut dan kondisi malam hari yang gelap.

Kronologi

Helikopter tersebut seharusnya menuju Kota Sungaipenuh.

Kapolda dijadwalkan melakukan peresmian gedung SPKT Polres Kerinci pukul 10.00 WIB pada Minggu (19/2/2023).

Helikopter yang membawa rombongan Kapolda berangkat dari Jambi sekitar pukul 9.30 WIB.

Namun karena kondisi cuaca hujan dan berkabut, helikopter pun mendarat darurat di wilayah perbukitan sekitar Muaro Emat, Kabupaten Kerinci.

Helikopter itu mendarat darurat sekitar pukul 10.30 WIB.

Jadwalnya akan mendarat di Bandara Depati Parbo Kerinci sekitar pukul 10.45 WIB.

Sebelumnya sebuah video viral memperlihatkan kondisi helikopter di tengah hutan, yang disebut sebagai helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan sejumlah bawahannya.

Dalam video viral tersebut, terlihat helipoter dalam kondisi telah patah.

Beberapa orang terlihat terbaring dengan kondisi berdarah dan lemah.

Dilihat dari sisi kerusakannya, diduga helikopter terhempas ke tanah, sehingga body helikopter patah.

Baling-baling sudah tidak utuh lagi. Kursi juga telah terlempar ke luar.

“Semua penumpang selamat. Kalau jumlah yang mengalami luka-luka, kita masih terus melakukan proses pendalaman informasi,” kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto, Minggu (19/2/2023).

Helikopter Kapolda Jambi Mendarat Darurat, Polri: 8 Orang Luka-luka

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Dedi Prasetyo mengungkapkan bahwa ada delapan orang luka-luka dalam peristiwa helikopter mendarat darurat di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Minggu (19/2/2023).

Adapun helikopter tersebut juga ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono.

“Info dari Wakapolda (Wakapolda Jambi Brigjen Yudawan Roswinarso) delapan korban dalam keadaan selamat, tapi mengalami luka-luka,” ujar Dedi kepada Kompas.com, Minggu Sore.

Dedi mengatakan, helikopter yang itu tengah dilakukan evakuasi oleh polisi dibantu sejumlah pihak terkait, termasuk masyarakat.

Saat ini tim evakuasi dari satuan Brimob, Polres Kerinci, Basarnas daerah dan masyarakat ke lokasi,” kata Dedi.

Sebelumnya diberitakan, Kepada Bidang (Kabid) Humas Polda Jambi Mulia Prianto mengungkapkan bahwa helikopter itu juga ditumpangi oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jambi, Dirpolairud Polda Jambi, Koorspri, dan ADC Kapolda Jambi.

Menurut Mulia, tim SAR Polres Kerinci sudah menuju lokasi untuk mengevakuasi para penumpang.

Ia menuturkan, polisi bakal terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk mengevakuasi penumpang.

Mulia menerangkan, Kapolda Jambi dan rombongan ke Kabupaten Kerinci dalam rangka kunjungan kerja ke Polres Kerinci untuk meresmikan gedung SPKT.

Rombongan berangkat dari Bandara Sultan Thaha, Jambi, sekitar pukul 09.00 WIB.

Dalam kunjungan itu rombongan Kapolda Jambi menggunakan helikopter Polri jenis Super Bell 3001.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *