Scroll untuk baca artikel
Pilkada Serentak 2024
Sport

Berbeda Dari Kram, Ini Cara Penangan Pertama Cedera Lutut Saat Berolahraga Menurut Ahli

×

Berbeda Dari Kram, Ini Cara Penangan Pertama Cedera Lutut Saat Berolahraga Menurut Ahli

Sebarkan artikel ini
berbeda dari kram ini cara penangan pertama cedera lutut saat berolahraga menurut ahli f15dac1
Maskot

PENADATA.COM, JAKARTA – Dokter spesialis bedah Andi Nusawarta membeberkan cara penanganan utama pada cedera bagian lutut dan cara meminimalisirnya.

Andi Nusawarta yang juga seorang konsultan cedera olahraga itu mengatakan, setidaknya ada tiga cabang olahraga yang berisiko mendera para atlet.

SCROLL KEBAWAH UNTUK MEMBACA
Pilkada Serentak 2024
ADVERTISMENT

Tiga cabang olahraga itu adalah sepak bola, bola basket, dan angkat beban. Kendati demikian, cedera itu juga bukan tak sedikit terjadi pada olahraga lainnya.

Dalam kategori cedera yang tergolong ringan, Andi menyarankan untuk melakukan kompres dingin pada bagian yang cedera.

Hal terssebut ditujukan untuk menghentikan peradangan dan pendarahan pada lokasi cedera, sehingga bisa membuat aliran darah pada lokasi cedera menyempit.

“Kompres dingin membuat pembuluh darah menyempit dan menghentikan pendarahan dan pembengkakan,” kata Andi dalam diskusi di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (21/10/2022).

Penanganan berbeda jika atlet atau olahragawan mengalami otot. Menurut Andi, cedera dan ialah dua hal yang berbeda.

Berbanding terbalik, jika mengalami kram, maka disarankan untuk melakukan penanganan dengan kompres hangat.

“Kram dan cedera itu berbeda, kalau kram itu tidak ada pendarahan, bisa diberi air hangat untuk melancarkan aliran darah,” ujar dokter yang sempat menangani cedera mantan pemain Persikabo 1973, Renan Sgaria.

Untuk menghindari kejadian di atas, dokter yang juga bagian dari Medicine, Injury and Recovery Center RS Pondok Indah itu menyarankan untuk melakukan kegiatan ini sebelum memulai kegiatan olahraga.

Kegiatan itu antara lain melakukan pemanasan atau peregangan, memperkuat otot inti tubuh, membangun program latihan, memakai pelindung lutut, menjaga berat badan ideal, dan melatih keseimbangan. (Alfarizy/M39)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Akses berita Penadata.com dengan cepat di WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029Va9zUSzF6sn6FmtJPc1m. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *