Scroll untuk baca artikel
News

Alasan Mengapa Kamu Wajib Mengonsumsi Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

×

Alasan Mengapa Kamu Wajib Mengonsumsi Air Kelapa Saat Berbuka Puasa

Sebarkan artikel ini

Bulan puasa sebentar lagi tiba! Tentunya, banyak yang harus kamu siapkan dalam menyambut bulan suci ini, termasuk menu berbuka puasa setiap harinya.

Nah, salah satu jenis minuman yang wajib ada sebagai menu berbuka puasa adalah air kelapa. Tak cuma memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan, ada banyak alasan mengapa air kelapa bisa jadi salah satu menu berbuka puasa yang tepat.

ADVERTISMENT
SCROLL KEBAWAH UNTUK LIHAT KONTEN

Masih ragu-ragu untuk memilih jenis minuman ini? Yuk, simak 5 alasan mengapa air kelapa wajib jadi salah satu menu berbuka puasa di Bulan Ramadan!

1) Kaya nutrisi

Air kelapa alami merupakan minuman yang kaya nutrisi. Melansir Klikdokter, air kelapa mengandung lima jenis elektrolit esensial bagi tubuh, yaitu kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium.

Tidak hanya itu, terdapat juga mineral, vitamin, gula, karbohidrat, protein dan lemak yang membuat zat gizi dalam air kelapa menjadi sangat lengkap.

Mengingat perut akan kosong tanpa asupan selama 13 jam saat berpuasa, air kelapa dapat menjadi pilihan menu berbuka puasa yang tepat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh saat berpuasa.

2) Berperan sebagai antioksidan

Air kelapa dapat berperan sebagai antioksidan untuk menghalau radikal bebas. Melansir dari KlikDokter, air kelapa murni mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk menghalau radikal bebas.

Sebagai antioksidan, air kelapa mampu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh selama berpuasa. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir akan berbagai risiko penyakit di bulan puasa dan dapat menjalankan ibadah sebulan penuh dengan tubuh yang bugar!

3) Menjaga tekanan darah tetap normal

Ternyata, air kelapa asli juga terbukti mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh! Masih melansir KlikDokter, setiap 240 ml air kelapa asli mengandung sekitar 600 mg potasium.

Potasium atau kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Dengan manfaat tersebut, mengonsumsi air kelapa bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan berbagai organ penting dengan baik selama menjalani ibadah puasa.

4) Menetralkan asam lambung ketika berpuasa

Apa kamu sering mengalami permasalahan asam lambung ketika berpuasa? Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air kelapa ketika berbuka puasa.

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, dikutip dari Klikdokter, air kelapa merupakan jenis cairan alkali yang dapat mengurangi asam lambung dan menjaga pH (keasaman) tubuh agar tetap stabil.

Selain itu, air kelapa yang merupakan sumber elektrolit juga bermanfaat memperbaiki kondisi tubuh akibat penyakit asam lambung dan masalah pencernaan lainnya.

5) Mengembalikan cairan tubuh dengan cepat

Ibadah puasa tentunya tidak akan mengurangi kesibukan kita sehari-hari. Namun ketika sibuk beraktivitas di bulan puasa, risiko dehidrasi pun kian meningkat.

Terkadang, hal ini juga dapat terjadi akibat pemilihan asupan berbuka puasa yang tidak tepat, misalnya terlalu banyak goreng-gorengan atau makanan pedas.

Ketika terjadi dehidrasi, kamu akan kehilangan banyak elektrolit yang membawa muatan-muatan listrik yang penting bagi fungsi otak, otot dan sebagainya.

Nah, air kelapa yang merupakan minuman alami dengan kandungan elektrolit tinggi mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang tersebut dengan cepat. Selain itu, elektrolit dalam air kelapa juga bisa mengatasi mual atau muntah saat buka puasa

Dengan mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa, tubuh yang tadinya hampir dehidrasi selama berpuasa seharian penuh pun akan dapat terhidrasi kembali!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerja Sama Pengelolaan Dana dan Asuransi Peserta Dana Pensiun
Bisnis

Jakarta, 5 Desember 2023 – Dana Pensiun LembagaKeuangan (DPLK) Syariah Muamalat menjalin kerja samapengelolaan dana kompensasi pasca kerja dan asuransi pesertadana pensiun dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dan PT AsuransiTakaful Keluarga. Pelaksana Tugas Pengurus Utama DPLK Syariah MuamalatKadar Budiman mengatakan, kerja sama ini adalah bentuksinergi antara DPLK Syariah Muamalat dengan Bank Muamalat sebagai pendiri, BPKH sebagai Pemegang SahamPengendali (PSP) Bank Muamalat dan sekaligus memperkayafitur produk DPLK Syariah Muamalat dengan cover asuransijiwa peserta dana pensiun….