Iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Pejagub Gorontalo Harap Festival Karawo Mampu Tumbuhkan Ekonomi

Alan Buton Selasa, 07 Juni 2022


Gorontalo - Pejabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer berharap pelaksanaan Gorontalo Karnaval Karawo dapat mendorong efektivitas pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan Hamka saat membuka Gorontalo Karnaval Karawo tahun 2022 dengan tema Karawo Inspiring Sulawesi di Gedung GPCC Kota Gorontalo. Senin (6/6/2022).

Menurut Hamka, pelaksanaan Gorontalo Karnaval Karawo harus dapat mendorong efektivitas pertumbuhan ekonomi berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat kontribusi bagi masyarakat sekitar. Selebihnya, ekspansi karawo sendiri diharapkan bisa lebih luas dan diteruskan oleh generasi ke generasi.

"Saya beberapa kali acara di Jakarta menerima penghargaan bersama Pak Sekda mengenakan corak karawo di sana termasuk kopiah karanji juga yang merupakan original produksi di Gorontalo. Beberapa daerah menanyakan dan memuji produk ini. Jadi teman-teman sekalian perlu ekspansi lebih luas untuk bisa mengenalkan karawo diluar sana,” ucap Hamka.

"Kegiatan ini banyak melibatkan UMKM, dan ini bagus sebab dapat memberikan kontribusi terhadap pariwisata dan geliat perekonimian di daerah," tambahnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili menjelaskan bahwa karnaval karawo merupakan salah satu kegiatan yang termasuk dalam 110 Top Event Nasional yang diikuti oleh Provinsi, Kabupaten/Kota se-regional sulawesi, lembaga perbankan, instansi vertikal, dan pelaku usaha.

Sedangkan Kharisma Event Nasional sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia. Selain Festival Karawo ada dua kegiatan lainnya yang masuk dalam KEN 2022 yakni Festival Pulau Saronde dan Festival Danau Limboto.

“Kami ingin Gorontalo karnaval karawo ini menjadi momentum untuk terus mendorong, mendukung dan menyosialisasikan karawo serta momentum bagi pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bangkit kembali,” Ujar Rifli.

Ia pun mengungkapkan, festival karawo pertama kali digelar pada tahun 2011 dan tahun ini sudah yang ke 11 kalinya dilaksanakan. Meski masuk dalam agenda rutin yang digelar setiap tahuh, dua tahun terakhir festival kawaro terpaksa dihentikan karena situasi pendemi Covid-19. Untuk itu pelaksanaan tahun 2022 diharapkan Rifli dapat membawa Kembali kejayaan festival karawo baik di kanca nasional maupun internasional.

“Tujuan dari pelaksanaan Gorontalo Karnaval Karawo yakni mempercepat pemulihan ekonomi nasional maupun lokal setelah dua tahun terakhir diguncangkan pandemi covid-19. Menunjang keterlibatan ekonomi kreatif (ekraf) utamanya sub sektor ekraf seperti fashion, kuliner, dan kriya, perluasan lapangan pekerjaan dan usaha bagi pelaku ekraf, serta menarik minat masyarakat dalam mengenakan produk karawo sekaligus menguatkan ekonomi melalui pengembangan budaya lokal,” Tandasnya.

Tutup komentar

Komentar

ads-before

ads-inline/3

ads-after

Baca Juga

3/random/4/baca-juga